9 Makanan Penurun Kolesterol Setelah Lebaran, Menu Sehat tapi Murah

oleh

CDN.id, JAKARTA – Setelah konsumsi makanan berlemak seperti daging dan santan selama Idul Fitri, penting untuk memilih makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Di bawah ini ada beberapa pilihan makanan penurun kolesterol setelah Lebaran yang bisa dikonsumsi.
Perayaan Idul Fitri rasanya tak sempurna tanpa hidangan khas seperti opor ayam hingga rendang. Makanan berlemak seperti itu tentunya memicu naiknya kadar kolesterol yang apabila dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Setelah merayakan Idul Fitri dengan berbagai hidangan lezat, saatnya untuk kembali ke pola makan sehat. Konsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol menjadi perhatian utama bagi banyak orang setelah periode perayaan.

Berikut adalah makanan penurun kolesterol setelah Lebaran:
1. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan kangkung kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat larut air dapat mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan, mencegah penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, dan membantu mengeluarkannya dari tubuh melalui tinja. Dengan demikian, konsumsi serat larut air secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat).

Sayuran hijau juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pembuluh darah. Dengan menjaga kesehatan pembuluh darah, antioksidan dalam sayuran hijau dapat membantu mengurangi risiko pembentukan plak kolesterol dalam arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

2. Buah-buahan
Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah-buahan setiap hari. Buah-buahan seperti apel, jeruk, dan stroberi mengandung serat larut air dan antioksidan yang membantu mengurangi kadar kolesterol.

Tak hanya itu, buah-buahan mengandung nutrisi penting lainnya seperti kalium, magnesium, dan folat yang membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Misalnya, kalium membantu mengatur tekanan darah, sedangkan magnesium membantu meningkatkan aliran darah dan folat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah.

No More Posts Available.

No more pages to load.