Menanam & Menambang

oleh

Oleh: AHMADI SOFYAN

SAYA lebih intens dalam bidang menanam bukan menambang. Makanya orang-orang disekitar saya adalah orang-orang yang memahami pertanian bukan pertambangan.
(Dr. Safrizal, Pj. Gubernur Kep. Bangka Belitung)

====
KEPULAUAN Bangka Belitung memang bumi tambang, hampir semua isi perut bumi baik di darat maupun di laut se-antero Bangka Belitung berisikan timah serta mineral ikutannya. Bahkan ada kalimat yang menyatakan: “Bangka Belitung itu bukan Pulau Timah, tapi Timah yang menjadi Pulau”. Sebab kekayaan alam berupa timah adalah rahmat Tuhan kepada Indonesia, terkhusus masyarakat Kepulauan Bangka Belitung.

Uniknya, walau ditanah tambang, namun kesuburan lahan di Bangka Belitung ini memiliki karakter tersendiri. Lada putih yang dikenal dunia dengan sebutan _”Muntok White Papper” memiliki tingkat kepedasan paling tinggi di dunia. Pun tanaman Cabe yang ditanam di tanah Bangka Belitung itu tingkatannya jauh lebih pedas ketimbang di tanah luar Bangka Belitung. Dalam hal ini, saya sering bercanda: “Lada & cabe saja kalau sudah di tanam di Bangka Belitung lebih pedas, apalagi mulutnya orang Bangka Belitung”.

No More Posts Available.

No more pages to load.