Niat Mandi Keramas Puasa Ramadhan dengan Arab, Latin, dan Artinya

oleh

CDN.id, JAKARTA- Niat mandi keramas puasa Ramadhan bisa diamalkan ketika seorang Muslim akan membersihkan tubuhnya dari hadas besar. Tujuannya adalah untuk bersuci dan membatu umat Islam mempersiapkan diri menyambut bulan suci.

Mandi keramas yang dimaksud adalah mandi wajib atau besar. Mengutip Nu Online, praktik ini tak wajib dilakukan sebelum Ramadhan hanya saja sebuah kebiasaan agar Muslim lebih siap menyambut bulan suci.

Dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri disebutkan mengenai anjuran mandi wajib malam bulan puasa. Namun, mandi tersebut merupakan mandi sunnah, bukan mandi wajib

“Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,… dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjemaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu,” tulis kitab tersebut.

Niat Mandi Keramas Puasa Ramadhan

Dikutip dari buku Panduan Lengkap Shalat Wajib dan Sunah Berikut Juz ‘Amma Untuk Pemula karya Zaky Zamani, berikut niat keramas puasa Ramadan

No More Posts Available.

No more pages to load.