Membaca Peluang Restrukturisasi dalam Proses Kepailitan

oleh

CDN.id, BABEL- Di tengah gelombang krisis ekonomi, tak jarang perusahaan terjerumus dalam lilitan hutang dan terancam pailit. Kepailitan adalah keadaan hukum yang ditetapkan oleh pengadilan bagi seorang debitur yang dinyatakan tidak mampu membayar utang-utangnya yang telah jatuh tempo dan dapat ditagih. Dalam proses kepailitan, aset debitur akan dilikuidasi untuk membayar kreditornya. Namun, proses kepailitan tidak selalu berarti akhir dari sebuah perusahaan.

Terdapat peluang restrukturisasi yang dapat menyelamatkan perusahaan dan memberikan kesempatan kedua. Tujuan dilaksanakannya restrukturisasi utang adalah memberi kesempatan kepada debitur yang dinilai memenuhi ketentuan-ketentuan untuk melaksanakan program restrukturisasi, agar debitur dapat melunasi utang-utangnya kepada para kreditur, dengan cara memberikan tenggang waktu pelunasan pembayaran utangnya atau memberikan syarat-syarat dan kondisi-kondisi baru kepada debitur.

Debitor   dalam   rangka   membayar   utang- utangnya pada umumnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  1. Dengan pendekatan  antara   Kreditor  dan  Debitor  untuk   mengusahakan  restrukturisasi utang dengan musyawarah dan mufakat.
  2. Dengan mengusulkan dan meminta penundaan kewajiban pembayaran utang yang diatur dalam UU No. 37 Tahun 2004.

Restrukturisasi utang yang dilakukan  oleh Debitor karena Debitor masih  merasa  mampu  untuk  membayar  utang-utangnya  kepada  Kreditor,  hal  ini  didasarkan karena aset yang dimiliki Debitor lebih besar dibanding utang-utangnya terhadap  Kreditor. Dalam  kepailitan  dikenal  dengan  adanya  asas  kelangsungan  usaha, dimana Debitor yang beritikad baik yang masih memiliki kemampuan untuk melanjutkan usahanya harus diberikan kesempatan untuk melanjutkan usahanya, kelanjutan  usaha   Debitor   sangat   bergantung   dari   keinginan   Kreditor   untuk   memberikan keringanan dan cara pelunasan utang terhadap Perseroan Terbatas Debitor.

No More Posts Available.

No more pages to load.