9 Permainan Saat Perjalanan Mudik Bersama Anak di Mobil

oleh
oleh

CDN.id, JAKARTA – Perjalanan jauh mungkin membuat anak-anak bosan berdiam diri di dalam mobil. Biar seru, jangan main HP sendiri-sendiri. Cobalah membuat permainan untuk dimainkan bersama-sama.

Berikut ini sembilan ide permainan saat perjalanan mudik yang bisa dimainkan bersama anak-anak di dalam mobil. Selain seru, permainan ini juga bisa melatih kemampuan anak dalam hal bahasa, ingatan, maupun fokus.

Ide Permainan Saat Perjalanan Mudik
Berikut ini ide permainan saat perjalanan mudik yang bisa kamu coba:

1. Sambung Cerita
Permainan sambung cerita menarik dimainkan untuk seru-seruan dalam perjalanan mudik. Permainan ini melatih anak berpikir kreatif karena harus membuat cerita bersambung dalam waktu singkat.

Permainan bisa dimulai dengan kalimat sederhana, misalnya “Joni pergi ke kebun binatang”. Kemudian pemain berikutnya melanjutkan ceritanya, “Dia pergi bersama ibunya”. Kemudian pemain lain melanjutkan cerita hingga menjadi sebuah cerita yang mungkin tak terduga.

2. ABC 5 Dasar
ABC 5 Dasar sudah populer di kalangan anak-anak. Tentukan dulu tema permainan, apakah nama hewan, nama makanan, nama orang, atau lainnya.

Untuk menentukan huruf awalan, pemain bisa mengeluarkan jari-jarinya dengan jumlah sesuka hati. Hitung semua jari dengan alfabet. Misal jatuh pada huruf L, maka sebutkan nama berawalan huruf L sesuai tema. Contohnya nama binatang, maka jawablah ‘lebah’.

3. Tebak Lagu
Tebak lagu ini cocok untuk dimainkan bersama keluarga. Jenis lagunya pun bisa disesuaikan dengan umur, apakah untuk anak, remaja, maupun dewasa.

Tunjuk satu orang sebagai operator sekaligus pemberi soal. Dia bisa memutar video lewat HP atau pemutar lagu di mobil. Atau biar lebih sulit, putar lagu mode karaoke lewat YouTube.

No More Posts Available.

No more pages to load.