Wakil Ketua DPRD Babel Tanggapi Perihal Pembangunan Pabrik Timah 400 Miliar

oleh

CDN.id, PANGKALPINANG- Wakil Ketua DPRD Babel, Beliadi menanggapi perihal Keputusan Arsari Group untuk mendirikan pabrik tin solder (timah) di  Batam yang digadang-gadang mencapai 400 miliar.

Beliadi memahami langkah Hashim Djojohadikusumo tersebut, dan dirinya menegaskan bahwa banyak isu yang beredar tentang pengembangan bisnis Hashim tidak sepenuhnya benar.

Menurut Beliadi yang juga politisi Partai Gerindra, rencana awal memang untuk mendirikan pabrik timah di Babel, namun hal itu batal karena pengelolaan kawasan ekonomi di Babel belum memadai.

“Awalnya, mereka berencana membuka di  Bangka Selatan, di Kawasan Industri Sadai. Namun, industri itu dikelola oleh swasta dan pengelolaannya dianggap belum baik oleh banyak investor,” jelas Beliadi, Jumat, (17/5/2024).

Rencana pembangunan di Kawasan Ekonomi Suge di Tanjung Batu juga batal karena belum adanya kejelasan terkait status kawasan ekonominya. Setelah mempertimbangkan berbagai faktor, akhirnya  Batam dipilih sebagai lokasi pabrik.

Selain itu, dorongan Presiden RI untuk mempercepat hilirisasi turut mempengaruhi keputusan ini. “Di  Batam, infrastruktur sudah lengkap dan berjalan dengan baik. Banyak pabrik elektronik seperti Samsung yang membutuhkan bahan baku tersebut,” tambah Beliadi.

No More Posts Available.

No more pages to load.