Tanda Tanya Para Pakar Siber Perihal Lonjakan Suara PSI

oleh

CDN.id, JAKARTA- Para pengamat informasi di belakangan kompak menghilangkan anomali perolehan suaraPartai Solidaritas Indonesia (PSI) . Perolehan yang terpantau dari Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) Pemilu 2024 sempat terkesan janggal, khususnya pada tanggal 1-2 Maret 2024.

Pakar IT dan Keamanan Siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, menilai peningkatan hasil suara PSI terlalu signifikan. Mirip seperti sejumlah pakar siber lainnya, dia juga menyarankan instruksi manual. “Memang agak janggal kalau hasilnya bisa anomali,” katanya saat dihubungi pada Senin, 4 Maret 2024.

Menurut Alfons, Komisi Permilihan Umum (KPU) dan seluruh lembaga pemantau Pemilu 2024 harus menyatukan suara yang dikumpulkan Sirekap. Para pengawas dapat mempertimbangkan tingkat kewajaran jumlah suara yang dikumpulkan, serta kesesuaiannya dengan formulir C1.

Apakah masih dalam ambang margin error ? Kalau ada upaya manipulasi, harus dilakukan dengan serius,” tutur dia.

Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB), Agung Harsoyo, sebelumnya juga heran melihat suara yang digalang PSI. Pola hasil suara, kata dia, sudah terlihat pada masa awal perhitungan, sehingga kecil kemungkinan terjadi kejadian yang tidak wajar atau anomali. Asal muasal munculnya suara itu dianggap belum jelas.

No More Posts Available.

No more pages to load.