Mengapa Menopause Lebih Cepat Sebabkan Osteoporosis pada Wanita?

oleh

CDN.id, JAKARTA – Menopause adalah fase alami dalam kehidupan seorang wanita ketika menstruasi berhenti secara permanen. Ini didiagnosis setelah Anda melewati 12 bulan tanpa periode menstruasi. Menopause dapat terjadi pada usia 40-an atau 50-an, namun rata-rata usia di Amerika adalah 51 tahun.

Dikutip dari Mayo Clinic, proses menopause terjadi secara alami karena menurunnya produksi hormon reproduksi, terutama estrogen dan progesteron, oleh ovarium. Menopause proses biologis alami. Namun gejala fisik, seperti hot flashes, dan gejala emosional menopause dapat mengganggu tidur Anda, menurunkan energi, atau memengaruhi kesehatan emosional.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, Faisal Parlindungan, mengatakan wanita lebih cepat mengalami osteoporosis karena melalui proses hormonal menopause yang mengganggu kepadatan tulang.

“Setelah menopause tidak ada hormon esterogen, atau wanita lebih mudah mengalami pengeroposan akibat adanya gangguan metabolisme tulang dengan adanya menopause,” kata Faisal dikutip dari Antara, Kamis, 4 April 2024.

Faisal mengatakan umumnya baik pria maupun wanita pada usia di atas 30 tahun tulang mulai memasuki puncak kepadatan. Pada usia itu, tulang berhenti bertumbuh dan lama kelamaan akan kekurangan kepadatannya.

No More Posts Available.

No more pages to load.