Mahasiswa ITS Ciptakan Pasir Kotoran Kucing Ramah Lingkungan

oleh

CDN.id, JAKARTA- Banyaknya masyarakat pemelihara kucing di Indonesia membuka peluang pasar tertentu, salah satunya adalah pasir kotoran kucing . Berangkat dari hal tersebut, tim mahasiswa Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) mengembangkan Facocat, yaitu pasir kotoran kucing ramah lingkungan berbahan dasar fly ash dan arang aktif dari sabut kelapa.

Ketua tim, Kalinda Ayu Prasasti, mengungkapkan inovasi ini lahir karena sebagian besar bahan kotoran kucing bersifat karsinogenik yang berbahaya bagi kucing.

“Oleh karena itu, kami mencoba memanfaatkan sabut kelapa dan fly ash yang lebih ramah lingkungan dalam pembuatan pasir kotoran kucing ini,” kata Kalinda melalui keterangan tertulis, Selasa, 4 Maret 2024.

Membahas lebih detail produk inovasinya, Kalinda menjelaskan bahwa sabut kelapa mengandung kandungan selulosa yang dapat diolah menjadi arang aktif. Berdasarkan analisa yang dilakukan, ditemukan bahwa arang aktif memiliki pori-pori yang terbuka sehingga memiliki daya serap yang tinggi.

No More Posts Available.

No more pages to load.