Kumpulan Kata Bijak Umar bin Khattab, Inspiratif dan Penuh Makna

oleh

CDN.id, JAKARTA – Umar bin Khattab adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang dikenal tegas. Usai wafatnya sang rasul, ia menjadi khalifah kedua menggantikan Abu Bakar Ash-Shiddiq.
Semasa pemerintahannya, Umar terus mengarahkan kaum muslimin untuk mengamalkan sunnah Nabi SAW dan isi kitab suci Al-Qur’an. Selain itu, ia juga memperluas wilayah kekuasaan Islam.

Mengutip buku Biografi Umar bin Khattab susunan Prof Dr Ali Muhammad Ash-Shalabi, Umar bin Khattab juga diberi gelar Al-Faruq yang artinya sang pembeda. Maksudnya, Umar merupakan orang yang dapat membedakan antara haq (kebenaran) dan yang bathil (kesesatan).

Selain Al Faruq, Umar juga dijuluki Amir al-Mu’minin atau pemimpin orang beriman. Semasa hidupnya, Umar banyak berkata bijak untuk mengingatkan kaum muslimin.

Kata-kata Bijak Umar bin Khattab Semasa Hidup
Berikut sejumlah kata-kata bijak Umar bin Khattab yang dikutip dari buku 2.000 Kata Mutiara dari 200 Tokoh Dunia karya Budi Santoso.

1. “Jagalah salatmu. Karena saat kamu kehilangan salat, maka kamu akan kehilangan segalanya.”

2. “Jikalau kita letih karena kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan kekal. Namun jikalau kita bersenang-senang dengan dosa, maka sesungguhnya kesenangan itu akan hilang dan dosa itu akan kekal.”

3. “Jangan berlebihan dalam mencintai sehingga menjadi keterikatan, jangan pula berlebihan dalam membenci sehingga membawa kebinasaan.”

4. “Ya Allah, saya ini sungguh keras, kasar, maka lunakkanlah hatiku! Ya Allah, saya sangat lemah, maka berilah saya kekuatan! Ya Allah, saya ini kikir, jadikanlah saya orang dermawan!”

5. “Mahkota seseorang adalah akalnya. Derajat seseorang adalah agamanya. Sedangkan kehormatan seseorang adalah budi pekertinya.”

6. “Ilmu ada tiga tahapan. Jika seseorang memasuki tahapan pertama, dia akan sombong. Jika dia memasuki tahapan kedua, maka dia akan rendah hati. Jika dia memasuki tahapan ketiga, maka dia akan merasa bahwa dirinya tidak ada apa-apanya.”

7. “Kebajikan yang ringan adalah menunjukkan muka berseri-seri dan mengucapkan kata-kata lemah lembut.”

No More Posts Available.

No more pages to load.