Bolehkah Titip Doa pada Orang yang Naik Haji? Ini Penjelasannya

oleh

CDN.id, JAKARTA- Ketika hendak melaksanakan ibadah haji banyak orang yang kerap menitipkan doa. Lalu, bagaimana hukumnya?. Orang yang menitipkan doanya berharap agar hajatnya dikabulkan. Sebab, diyakini memanjatkan doa langsung di depan Ka’bah termasuk mustajab, terutama doa yang dipanjatkan di Multazam, salah satu tempat mustajab yang terletak di dekat pintu Ka’bah.

M Syukron Maksum menjelaskan buku Bimbingan Lengkap Haji dan Umrah menjelaskan, Multazam adalah tempat di mana Allah SWT mengharuskan atas diri-Nya untuk menerima permohonan setiap orang yang tulus kepada-Nya.

Multazam merupakan dinding Ka’bah yang terletak di antara Hajar Aswad dengan pintu Ka’bah. Tempat ini merupakan tempat utama dalam berdoa, yang dipergunakan oleh jemaah haji dan umrah untuk berdoa dan bermunajat kepada Allah SWT setelah melakukan tawaf.

Rasulullah SAW pernah bersabda yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, “Antara rukun Hajar Aswad dan pintu Ka’bah yang disebut Multazam. Tidak seorang pun hamba Allah yang berdoa di tempat ini tanpa terkabul permintaannya.”

Hukum Titip Doa kepada Orang yang Haji
Berkenaan dengan amalan menitipkan doa kepada orang yang melaksanakan haji, hal ini termasuk dalam perkara yang dibolehkan dalam buku Tanya Jawab Islam susunan PISS KTB dan TIM Dakwah Pesantren. Apalagi, mengantar orang yang hendak bepergian, baik pergi berperang atau pergi haji, ini hukumnya disunnahkan.

Dikutip dari pendapat Syekh Abu Bakr al Ajurriy dari kalangan hanabilah, muslim dianjurkan untuk mengantarkan orang yang hendak pergi haji, mendoakan keselamatan, dan menitipkan doa padanya. Disebutkan pula, Imam Ahmad pernah mengantarkan ibunda beliau disaat pergi haji.

Tradisi titip doa kepada orang yang haji memang sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Dijelaskan dalam kitab Syarh Shahih Al-Bukhari karya Imam Ibnu Bathal, Tsaniyatul Wada’ merupakan tempat para sahabat mengantarkan orang yang melaksanakan haji dan menitipkan doa kepada mereka.

No More Posts Available.

No more pages to load.