Berikut Ciri-ciri Gempa yang Berpotensi Tsunami dan Cara Menghadapinya

oleh

CDN.id, JAKARTA – Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Salah satu hal yang perlu diwaspadai saat terjadi gempa adalah munculnya tsunami.

Lalu, apa saja ciri-ciri gempa yang berpotensi tsunami? Berikut penjelasannya.

Ciri-ciri Gempa yang Berpotensi Tsunami
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membagikan informasi soal ciri-ciri gempa bumi yang berpotensi menimbulkan tsunami. Simak poin-poin di bawah ini.

1. Magnitudo gempa yang besar dengan durasi guncangan yang lama dan terasa seperti diayun-ayun
2. Lokasi episenter gempa bumi berada di laut
3. Mekanisme sesar/patahan merupakan patahan naik atau patahan turun
4. Kedalaman gempa bumi masuk kedalam kategori gempa dangkal
5. Tanda awal yang bisa dilihat jika gempa bumi tersebut berpotensi tsunami yaitu adanya perubahan muka air laut berupa surutnya air laut secara tiba-tiba.

BMKG sendiri telah menggunakan pemodelan menggunakan aplikasi TOAST untuk mengetahui wilayah mana saja yang berpotensi terdampak tsunami saat terjadi gempa bumi. Hal ini dikarenakan ada beberapa kasus di mana gempa bumi berpotensi tsunami, tetapi tidak memiliki karakteristik yang disebutkan sebelumnya.

Informasi ini bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal atau sedang berada di pesisir pantai ketika terjadi gempa bumi. Maka dari itu, segera melakukan evakuasi mandiri dengan menuju ke tempat yang lebih tinggi agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

No More Posts Available.

No more pages to load.