Bangka Belitung Pewaris Nilai Toleransi dan Pularisme

oleh

Karateristik orang Bangka sedikit tergambar dari pernyataan M.H. Court, residen Inggris untuk Palembang dan Bangka tentang orang Darat atau orang Gunung penghuni kampung-kampung dan batin di pulau Bangka, didiskripsikan: “The character of the Orang Goonoongs, or natives of Banca, may be expressed in a few Words. They are an honest, simple, tractable, and obedient people; in personal appearance much more attractive than the same description of people at Palembang” (Court, 1821:214)

“Karakter orang Goonoongs  atau penduduk asli pulau Bangka, dapat diekspresikan dalam beberapa kata. Mereka adalah orang yang jujur, sederhana, penurut, dan patuh; dalam penampilan pribadi jauh lebih menarik daripada orang yang sama di Palembang.

Keterbukaan struktur masyarakat Bangka dan kebudayaannya sangat memungkinkan untuk mengakomodasi perubahan-perubahan kebudayaan dan penyerapan unsur-unsur kebudayaan yang berbeda-beda, sepanjang perubahan dan penyerapan tersebut tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip adat istiadat dan sopan santun,”ujar Akhmad Elvian.

Sikap terbuka masyarakat Bangka menerima orang-orang yang datang dari luar pulau, juga terjadi dalam konteks percampuran atau asimilasi budaya hingga pada tingkat perkawinan campuran antar suku bangsa.

Kekentalan darah karena faktor perkawinan campuran antar suku bangsa di Bangka Belitung memperkuat sikap toleransi yang tinggi dan membentuk pluralisme.

No More Posts Available.

No more pages to load.