APINDO Harapkan Debat Capres Bahas Tuntas Ketenagakerjaan

oleh

CDN.id, JAKARTA- Ketua Bidang Ketenagakerjaan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bob Azam menyebut, setiap tahun ada 3 juta orang pencari kerja baru yang masuk pasar kerja. Sementara di waktu yang bersamaan, ada 350 ribu orang yang kehilangan pekerjaan. Karena itu, kata Bob, presiden terpilih harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Bob berharap sejumlah isu ketenagakerjaan dibahas oleh calon presiden atau Capres dalam debat Capres terakhir pada Minggu, 4 Februari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat capres terakhir dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

“Menciptakan pekerjaan yang berkualitas juga penting untuk memberikan pekerjaan kepada masyarakat. Employment yang challenging baik quantity maupun quality,” ujar Bob kepada Tempo pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Bob juga menyoroti efektivitas program pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi di bidang ketenagakerjaan seperti kartu Pra Kerja. Menurutnya, presiden terpilih harus mampu mengevaluasi efektivitas kartu-kartu yang sudah dikeluarkan oleh Jokowi.

Belum lagi Bob mengatakan persoalan lain yang perlu dibahas dalam debat Capres besok adalah ketimpangan upah antar provinsi. Saat ini, kata Bob, upah antar provinsi memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.