Tanggapi Isu Pinjol untuk Bayar Kuliah, Menkeu RI Khawatirkan “Student Loan”

oleh

CDN.id, JAKARTA – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati terkait isu pinjaman daring (pinjol) yang digunakan untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), dirinya khawatir gagal bayar, namun ia mewanti-wanti agar student loan tak mengalami gagal bayar seperti yang terjadi di Amerika Serikat (AS) sehingga berujung pada pinjaman yang justru membebani mahasiswa.

“Kami sudah membahas dengan perbankan, LPDP nanti akan merumuskan bagaimana affordability pinjaman itu (student loan),” ungkap Sri Mulyani.

“Sehingga tidak memberatkan mahasiswa, tapi tetap mencegah terjadinya moral hazard (resiko moral-red), dan tetap memberikan afirmasi terutama kepada kelompok yang tidak mampu,” tambahnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) saat ini tengah menyiapkan bantuan pinjaman biaya pendidikan bunga rendah. Pinjaman ini diperuntukkan untuk mahasiswa (student loan) yang digunakan untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Namun skema beserta aturan student loan tersebut masih dalam tahap pengkajian.

No More Posts Available.

No more pages to load.