Wujudkan Satu Data Indonesia Diskominfo Pangkalpinang Gelar Sosialisasi Statistik Sektoral

oleh

CDN.id, PANGKALPINANG– Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang, menggelar sosialisasi dan diseminasi bertajuk Penyelenggaraan Koordinasi dan Sinkronisasi, Pengumpulan, Pengolahan, Analisis dan Diseminasi serta Sosialisasi Penginputan Data Statistik Sektoral, Selasa (11/6/2024) di Ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang.

Sekda Kota Pangkalpinang Mie Go mengatakan, rapat koordinasi data statistik sektoral ini sebagai upaya meminimalisir permasalahan tentang data yang sering dihadapi saat ini. Dia menyebut, data yang terkumpul hanya semacam formalitas dan masih tersebar pada sector masing-masing karena masih adanya ego sektoral serta masih belum terstandarisasinya data yang ada di setiap OPD.

“Diskominfo selaku walidata mempunyai tugas dan fungsi untuk mengumpulkan, memeriksa dan mengelola data yang disampaikan oleh produsen data serta menyebarluaskan data. Produsen data ini adalah setiap OPD yang memiliki kewenangan atas data sektoral yang diampunya,” ujar Mie Go saat membuka sosialisasi statistik sektoral.

Dirinya juga mengatakan keberadaan data sangatlah penting karena menjadi dasar untuk perencanaan yang harus terukur logis dan rasional. Menuju Satu Data Indonesia ini, Mie Go berharap agar Pangkalpinang dapat berbenah meningkatkan kualitas data. Selain itu harus berani membuat suatu terobosan dengan membangun kolaborasi antar OPD atau instansi dan Lembaga dengan meninggalkan ego sektoral.

No More Posts Available.

No more pages to load.