Waspada! 5 Makanan Ini Perlu Dihindari Penderita Asam Urat Saat Puasa

oleh

CDN.id, JAKARTA- Saat puasa penting memperhatikan pola makan, tak terkecuali untuk penderita asam urat. Lima makanan ini sebaiknya dihindari agar asam urat tidak kambuh.
Asam urat adalah penyakit yang cukup berbahaya, bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal jika tidak ditangani secara serius. Dokter spesialis penyakit dalam di Eka Hospital Permata Hijau, Gladys Sudiyanto mengatakan asam urat terbentuk karena kandungan purin yang tinggi di dalam tubuh dan bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

“Kristal asam urat karena purin yang tinggi ini bisa menyebabkan nyeri sendi atau dikenal dengan istilah gout arthritis dan yang paling parah adalah gagal ginjal jika asamurat dibiarkan saja,” kata Gladys dalam keterangan tertulis, Senin (01/04/24).

Gladys menjelaskan purin merupakan protein yang secara alami dihasilkan tubuh. Karenanya jumlahnya dapat meningkat atau berlebihan ketika Anda makan terlalu banyak makanan yang juga mengandung purin.

“Makanya asam urat ini sangat berkaitan dengan pola makan, makanan apa saja yang dikonsumsi, jadwal makan dan berbagai hal yang berhubungan dengan makan,” kata dia.

Asam urat memang berkaitan dengan makanan dan pola makan. Tidak heran jika banyak orang yang akhirnya mempertanyakan soal berpuasa bagi penderita asam urat.

No More Posts Available.

No more pages to load.