Tentukan Awal 1 Zulhijah 1445 H Diskominfo Babel Pantau Titik Hilal

oleh

CD.id, MENDO BARAT – Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Sudarman, membuka rukyatul hilal penentuan awal 1 Zulhijah 1445 Hijriah/2024 Masehi, sekaligus sebagai penentuan Idul Adha 1445 H, Jumat (7/6/2024).

Rukyatul hilal yang berpusat di Pantai Tanjung Raya, Desa Penagan, Kabupaten Bangka itu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenag) Kepulauan Babel, dan melibatkan ahli dari lembaga maupun organisasi keislaman lainnya.

“Kita berharap hasil dari rukyatul hilal ini akan memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga dapat mempersiapkan ibadah kurban dengan keberkahan, dan merayakan Idul Adha dengan kebaikan,” ujar Sudarman dalam sambutannya.

Sementara itu, Plt Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kepulauan Babel Firmantasi menyebutkan, rukyatul hilal merupakan satu dari dua metode yang ada selain metode hisab sistem ephemeris. Dari hasil pemantauan (Rukyat) tersebut, sekitar pukul 18.45 WIB posisi hilal berada pada 8 derajat. Hal ini tidak jauh berbeda dari metode hisab yang menyatakan posisi hilal berada pada 6 derajat.

No More Posts Available.

No more pages to load.