Sidang Isbat akan Digelar Hari ini

oleh

CDN.id, JAKARTA- Sidang isbat dibutuhkan sebagai forum bersama mengambil keputusan. Ini diperlukan sebagai bentuk kehadiran negara dalam memberikan acuan bagi umat Islam untuk mengawali puasa Ramadan dan berlebaran, dalam prosesnya, sidang isbat menjadi forum musyawarah para ulama, pakar astronomi, ahli ilmu falak dari berbagai ormas Islam, termasuk instansi terkait dalam menentukan awal bulan Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

Terkait hal ini Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf, mengatakan Sidang Isbat Ramadhan 2024 akan dilaksanakan pada Minggu, 10 Maret 2024, di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sidang Isbat tersebut akan memutuskan apakah awal Ramadhan tahun ini jatuh pada 11 atau 12 Maret 2024.

Dalam pelaksanaanya, sidang Isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

Kemudian tahap kedua, sidang Isbat akan digelar secara tertutup setelah salat Magrib. Selain data hisab (informasi), sidang Isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia. Lalu, pada tahap ketiga, Kemenag akan melakukan konferensi pers hasil sidang Isbat yang juga disiarkan melalui media sosial Kemenag.

Sebelumnya Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengusulkan sidang Isbat penentu awal bulan Hijriah ditiadakan untuk menghemat anggaran negara.

No More Posts Available.

No more pages to load.