Karya RA Karini yang Menginspiransi Kaum Wanita, “Habis Gelap Terbitlah Terang”

oleh

CDN.id, JAKARTA- Siapa yang tidak mengenal sosok Raden Ajeng Kartini, pahlawan wanita yang memperjuangkan kaum hawa dari penindasan, dengan pemikirannya memperjuangkan emansipasi kaum wanita, agar setara dengan kaum pria.

RA Kartini  lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah, Kartini lahir dalam lingkungan keluarga priyayi atau bangsawan, karena itu ia berhak menambahkan gelar Raden Ajeng (R.A.) di depan namanya.

R.M. Sosroningrat merupakan seorang Bupati Jepara pada 1880. Selain menikah dengan Mas Ajeng Ngasirah, beliau juga menikahi gadis bangsawan yaitu Raden Ajeng Woerjan.

Pernikahan R.M. Sosroningrat dan Mas Ajeng Ngasirah dikaruniai delapan orang anak, sedangkan pernikahan R.M. Sosroningrat dan Raden Ajeng Woerjan dikaruniai tiga orang anak.

Kartini adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Dari kesemua saudara sekandung, Kartini adalah anak perempuan tertua.

Kehidupan keluarga mereka berkecukupan sehingga R.A. Kartini dan saudara-saudaranya bisa tumbuh menjadi anak sehat dan cerdas.

No More Posts Available.

No more pages to load.