Buntut Perkelahian Anggota Parlemen Turki Wali Kota Pro-Kurdi Dicopot

oleh

CDN.id, ANKARA- Buntut dari perkelahian Para anggota parlemen Turki terlibat perkelahian pada Selasa (04/06/24) kemarin, saat digelar aksi protes terhadap pencopotan seorang wali kota yang pro-Kurdi di bagian tenggara negara tersebut.

Kericuhan dipicu oleh aksi protes yang dilakukan para anggota parlemen sekutu dari wali kota yang dicopot.
Seperti dilansir AFP, Rabu (5/6/2024), ketegangan meningkat di Turki sehari setelah pemerintah Ankara mengumumkan penggantian Wali Kota Hakkari, Mehmet Siddik Akis, yang berasal dari Partai DEM, yang dituduh memiliki hubungan dengan militan Kurdi PKK yang dilarang di negara tersebut.

Di kota Hakkari, Turki bagian tenggara, para saksi mata mengatakan kepada AFP bahwa beberapa demonstran mengalami luka-luka dan ditahan dalam aksi protes yang digelar pada Selasa (4/6) waktu setempat, setelah pasukan keamanan dikerahkan untuk membubarkan unjuk rasa menentang pencopotan Akis.

Akis menjadi wali kota pertama di Turki yang diberhentikan sejak pemilu lokal digelar pada Maret lalu, di mana Partai DEM menguasai otoritas lokal di beberapa kota besar di wilayah tenggara Turki yang mayoritas penduduknya etnis Kurdi.

No More Posts Available.

No more pages to load.