Bagaimana Rakyat Mengalahkan Oligarki?

oleh

Oleh : AHMADI SOFYAN

YANG paling ditakuti oleh oligarki adalah apa yang mereka berikan menjadi tidak efektif untuk melanggengkan kekuasaan & kekuatan bisnis
====

KEBUN saya di tepi sungai nun jauh dari hiruk pikuk kota hampir setiap hari didatangi tamu. Dari masyarakat Desa, kawan-kawan masa kecil di kampung, sahabat-sahabat di Kota, pejabat publik baik daerah maupun nasional, polisi, TNI, politisi, Karyawan BUMN hingga guru-guru yang pernah mengajar & mendidik saya semasa sekolah.

Selalu saja ada bahan diskusi, dari hal yang remeh temeh hingga yang berat banget hingga kening berkerut. Tapi sebab suasana yang adem, asri & tepi sungai, seberat apapun diskusinya, selalu diiringi canda tawa ngakak, apalagi kalau sudah keluar rebus ubi :cecel” sambel serai & kopi panas asli Bangka tanpa merek.

Sebab di musim Pemilu, diskusi paling sering dan selalu masuk bahan pembicaraan adalah politik daerah hingga politik nasional. Orang-orang kampung sudah bicara Oligarki. Bikin saya mengerutkan dahi, sebab saya tak lebih paham dari pemahaman mereka.

Secara sederhana oligarki bisa kita terjemahkan yakni struktur pemerintahan atau kekuasaan yang dipegang oleh sekelompok orang yang selalu mengendalikan kekuasaan untuk mewujudkan keinginan mereka sendiri.

No More Posts Available.

No more pages to load.